Timnas Indonesia vs Malaysia: Sisa Kotak Pandora


Saya sempat berjanji akan menulis tentang timnas di piala AFF 2012 ini. Tapi seteleh melihat pertandingan melawan Laos tempo hari, saya dirayapi perasaan malas. Semangat saya runtuh begitu melihat timnas bermain lebih buruk daripada buruk itu sendiri. Saat melawan Loas, para pemain timnas sudah melakukan segalanya kecuali satu hal: bermain sepakbola dengan benar. Anda yang sering menonton sepakbola Eropa tentu akan paham betapa pemain Indonesia tidak memainkan skema sepakbola. Gol kedua Laos menjelaskan hal itu.

Setelah menang melawan Singapura, saya masih menyimpan Pesimisme. Timnas bermain sedikit lebih baik (atau lebih tepat sebenarnya: Singapura bermain terlalu buruk), tapi masih jauh dari kata baik. Kesalahan elementer (istilah ini selalu dipakai komentator bola ketika mengomentari timnas sejak awal 90an ya?hihihi) terus berulang dilakukan. Ketika anda menghadapi tim yang sedang bermain baik, kesalahan passing dan posisi adalah bunuh diri.

Anda harus siapkan kesehatan jantung Anda ketika akan menyaksikan laga melawan Malaysia. Semua tahu, Malaysia bermain sepakbola dengan organisasi yang baik. Persepakbolaan Malaysia sedang berada pada puncak keemasan dalam dua dekade terakhir sementara sepakbola Indonesia sedang ada pada titik nadir (nadir? nanti dulu, mungkin masih akan menurun lagi nanti ya…:p).

Timnas yang kita punyai sekarang jelas bukan susunan pemain terbaik di Indonesia. Salah siapa ini? Anda bisa menunjuk hidung para cukong kakap sepakbola Indonesia. Merekalah sesunguhnya yang paling bertanggungjawab mengapa timnas kali ini adalah timnas dengan kualitas teknik di bawah rata-rata.

Lalu, masih adakah harapan menang atau setidaknya lolos ke fase berikutnya? Selalu ada harapan untuk timnas. Sebab hanya itu yang kita punya, dari tahun ke tahun, dari dulu hingga sekarang, dan entah sampai kapan….

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s