Jerman-Yunani: Karena Mereka Bukan Orang Jerman….


Mengapa Jerman sekarang semakin enak dilihat dan tidak membosankan? Sebagian orang menjawab: karena Jerman sekarang bukan orang Jerman. Jawaban itu tidak semuanya akurat, tapi memantulkan sejumlah kebenaran. Lihat saja pemain-pemain Jerman di dekade ini. Anda tidak akan menemukan warna-warna semacam itu di kesebelasan Jerman 20 atau 30 tahun lalu. Kesebelasan Jerman adalah cermin dari Eropa—dan dunia– yang semakin berubah. Lalu apa hubungannya dengan keindahan. Sebenarnya tidak banyak, kecuali bahwa selera kaku khas Jerman masa silam mulai tertanggalkan. Tapi kekhasan Jerman tak sepenuhnya hilang. Lihatlah dua dari empat gol Jerman ke gawang Yunani yang dibuat Khedira dan Klose. Anda membenci Jerman pasti kenal betul dengan gol-gol semacam itu di masa silam. Gol-gol yang menyebalkan.

Ada yang lebih menyebalkan dari Jerman di pila Eropa kali ini, yakni mereka hanya harus berhadapan melawan kesebalasan dari sebuah negara yang nyaris bangkrut dan sudah lama ditinggalkan dewa-dewa. Sebelumha saya berharap Jerman akan melawan Ceko atau Rusia yang mungkin lebih bisa diharapkan. Tapi sepertinya seluruh alam raya bersekongkol untuk melapangkan jalan buat Jerman.

Saya tidak tahu banyak soal Yunani yang pernah juara piala eropa itu.  Saya hanya tahu bahwa semua pemain Yunani berakhiran hurus “s”, kecuali Kostas Mitroglou. Yunani mungkin akan berharap pada keajaiban, tapi sepakbola bukan dunia dongeng. Mereka harus puas membawa dua gol melalui cara bermain bertahan. Itu sudah lebih dari cukup dan tak perlu mereka keluhkan. Dua gol itu pasti tak akan banyak membantu jutaan orang pengangguran di negeri mereka, tapi apa yang bisa dilakukan melawan Jerman yang sedang bagus-bagusnya ini?

Saya tidak sepenuhnya melihat pertandingan ini. Sejak menit 22, saya sudah mendapat wangsit di keheningan malam itu bahwa Jerman akan keluar sebegai pemenang. Wangsit itu bahkan tetap berdengung-dengung meski Samaras mencetak gol balasan.

Lalu apakah Jerman akan menjadi juara? Tentu saja, tapi itu kalau lawan mereka adalah Yunani semua…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s